1. Objek
Objek merupakan sesuatu yang memiliki identitas (nama), pada
umumnya juga memiliki data tentang dirinya maupun object lain dan mempunyai
kemampuan untuk melakukan sesuatu dan bisa bekerja sama dengan objek
lainnya. Contoh object : Rumah, mobil, sepeda motor, meja, dan
komputer merupakan contoh-contoh object yang ada di dunia nyata.
2. Property
Property (atau disebut juga dengan atribut) adalah data yang
terdapat dalam sebuah class. Melanjutkan analogi tentang laptop. Contoh
property dari laptop bisa berupa merk, warna, jenis processor, ukuran
layar, dan lain-lain.
3. Method
Method pada dasarnya adalah function yang berada di dalam
class. Seluruh fungsi dan sifat function bisa diterapkan kedalam method,
seperti argumen/parameter, mengembalikan nilai (dengan keyword return), dan
lain-lain.Method adalah tindakan yang bisa dilakukan didalam class. Jika
menggunakan analogi class laptop kita. Contoh method adalah :
menghidupkan laptop, mematikan laptop, mengganti cover laptop, dan berbagai
tindakan lain.
4. Class
Class adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi
dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Contoh dari class adalah
: 'class of dog' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi
data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari
anjing.
5.State
State merupakan atribut yang dimiliki oleh sebuah obyek. Contoh
obyek sepeda memiliki atribut (state) : pedal, roda, jeruji, warna, jumlah
roda.
6. Behavior
Behavior / tingkah laku adalah hal – hal yang bisa dilakukan
oleh obyek dari suatu class. Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai
atribut suatu obyek, menerima informasi dari obyek lain, dan mengirim informasi
ke obyek lain untuk melakukan suatu task. Contoh behaviour : Volcano
Robot, Check current temperature, Begin a survey, Report its current location.
Program Class Dosen
Program Perhitungan Aritmatika
Outputnya
Komentar
Posting Komentar